Aplikasi Survey Mobile tanpa Coding

Mungkin sudah ada yang pernah mengenal aplikasi ODK yang ada di Playstore namun bagi yang belum Aplikasi ODK (Open Data Kit) ini adalah aplikasi yang digunakan untuk melakukan survey. Hebatnya lagi aplikasi ODK ini bisa kita custom sesuai dengan keinginan kita. Tidak hanya itu data server hasil collect data bisa kita atur menggunakan spreadsheet di Google Drive. Jadi tidak perlu lagi kertas dan pena untuk melakukan survey, hanya perlu gadget handphone dan kita bisa melakukan survey sesuai kebutuhan kita.

Sebelum kita mengunduh aplikasi ODK Collect di smartphone kita, yang perlu kita lakukan yaitu membuat form survey yang kita perlukan. Untuk membuat form survey kita perlu mengunjungi situs Open Data kit yang bisa anda akses disini

#1. Setelah mengakses website ODK anda perlu login sebagai member, jika belum memiliki aku anda hanya perlu melakukan registrasi.

#2. Setelah mendaftar dan masuk, kita bisa mulai membuat form survey dengan cara yang sangat Drag and Drop sehingga tidak perlu melakukan coding layaknya membuat aplikasi mobile. Pilihan menu jenis model inputan survey ada di menu yang ada di bawah halaman website. Untuk melakukan editing dan custom survey bisa dilakukan di tool properties yang ada di sebalah kanan halaman website.

#3. Setelah membuat form sesuai keinginan kita kita harus menyimpan dengan cara klik File > Save. Untuk menghubungkan form yang sudah kita buat ke server Google Drive yang perlu kita lakukan adalah pilih menu Edit > Form Properties. Isikan informasi-informasi yang diperlukan untuk integrated form kita dengan Google Drive

  • Title on Device: nama form survey yang akan tampil di smartphone kita nanti
  • Instance Name: nama file excel yang harus kita buat di google drive untuk menampung data survey. contoh: data_submission_survey.xls. Nama instance dan nama file harus sama. Untuk isi file tersebut dikosongkan saja.
  • Public Key: untuk mengenkripsi data kiriman, Namun untuk penggunaan normal kosongkan saja kolom ini.
  • Submission URL: alamat link file excel yang kita buat tadi. Untuk melihat URL nya klik kanan pada file excel kemudian pilih share. kemudian link akan dimunculkan dan kita copy paste pada kolom ini.

#4. Setelah pembuatan form selesai kita export hasilnya dengan cara pilih menu File > Export to XML > simpan. Upload file .xml hasil export tadi ke Google Drive milik kita tadi. 

#5. Jika proses tersebut sudah kita lakukan, langkah selanjutnya kita beralih ke smartphone kita. Kita perlu mengunduh dan instalasi ODK Collect lewat Playstore. 

#6. Setelah membuka aplikasi ODK Collect di smartphone kita, yang pertama kita lakukan melakukan sinkronisasi dengan aku google drive sebagai server penyimpanan data survey kita nanti. pilih icon kecil di pojok kanan atas aplikasi > Pengaturan umum > Penyedia. Pilih tipe Google Drive, Google Sheets. Pilih akun yang kita sinkronkan.

#7. Setelah proses sinkronisasi selesai, selanjutnya kita akan mengunduh form .xml yang sudah kita buat dan upload ke Google Drive sebelumnya diatas. dengan cara Ambil formulir kosong > cari form .xml yang sudah kita buat dan kita simpan di akun Google Drive kita tadi. Untuk membuka dan memulai survey yang sudah kita buat pilih Isi formulir kosong.

untuk mencoba dan melihat hasilnya pilih Isi formulir kosong dan form yang kita buat dan unduh tadi akan muncul disana. Setelah proses survey selesai kita selesai, form sementara akan disimpan di storage lokal smartphone kita. Untuk mengirimnya ke Server Google Drive pilih Kirim formulir ke server. Setelah itu lihat hasilnya di file excel yang ada di Google Drive tadi. Selamat Mencoba.