This Kernel requires an x86-64 CPU, but only detected an i686 CPU. Unable to boot – please use a kernel appropriate for your CPU

Pernah menggunakan aplikasi virtual OS seperti VirtualBox atau VMware? Mungkin beberapa dari kita pernah menemui pesan diatas saat akan booting ke sistem operasi.

Kenapa? lalu bagaimana cara mengatasinya? Hal tersebut terjadi karena sistem BIOS di Host (PC kita) tidak mengaktifkan VTx mode. Jadi langkah-langkah yang perlu kita lakukan adalah sebagai berikut.

#1. Pertama buka menu Windows Features terlebih dahulu dengan cara tekan pada keyboard windows button + S > ketikkan windows features > cari list Hyper-V dan hilangkan ceklist pada pilihan Hyper-V

#2. Restart PC kemudian masuk ke dalam BIOS. Shortcut untuk masuk kedalam BIOS setiap PC beragam tergantung pada merk PC biasanya, ada yang perlu menekan esc, F2, F9, F10, dll. Setelah masuk cari menu security atau beberapa BIOS ada di menu Setting. Kemdian enable pilihan Virtualization Technology (VTx).

Kemudian pilih Save & Exit. Lalu booting kembali ke dalam Windows. Buka kembali VirtualBox atau VMWare ulangi proses booting pada mesin virtual dan pesan unable booting tidak akan muncul kembali. Selamat mencoba.